Saturday, May 5, 2012


KUIS II (PERMINTAAN DAN PENAWARAN)

1. Jelaskan definisi dari permintaan dan penawaran ?

jawab :
Permintaan adalah sejumlah barang yang dibeli atau diminta pada suatu harga dan waktu tertentu. Sedangkan pengertian Penawaran adalah sejumlah barang yang dijual atau ditawarkan pada suatu harga dan waktu tertentu. Contoh permintaan adalah di pasar kebayoran lama yang bertindak sebagai permintaan adalah pembeli sedangkan penjual sebagai penawaran. Ketika terjadi transaksi antara pembeli dan penjual maka keduanya akan sepakat terjadi transaksi pada harga tertentu yang mungkin hasil dari tawar-menawar yang alot.


2. Jelaskan hukum dari permintaan dan penawaran ?

jawab :
Jika semua asumsi diabaikan (ceteris paribus) : Jika harga semakin murah maka permintaan atau pembeli akan semakin banyak dan sebaliknya. Jika harga semakin rendah/murah maka penawaran akan semakin sedikit dan sebaliknya.
Semua terjadi karena semua ingin mencari kepuasan (keuntungan) sebesar-besarnya dari harga yang ada. Apabila harga terlalu tinggi maka pembeli mungkin akan membeli sedikit karena uang yang dimiliki terbatas, namun bagi penjual dengan tingginya harga ia akan mencoba memperbanyak barang yang dijual atau diproduksi agar keuntungan yang didapat semakin besar. Harga yang tinggi juga bisa menyebabkan konsumen/pembeli akan mencari produk lain sebagai pengganti barang yang harganya mahal.


3.Jelaskan factor apa saja yang dapat mempengaruhi hokum permintaan dan penawaran ?


jawab:
Faktor-faktor yang mempengaruhi Permintaan

· Harga barang itu sendiri
· Harga barang lain yang terkait
· Tingkat pendapatan
· Selera atau kebiasaan
· Jumlah penduduk
· Perkiraan harga di masa depan
Faktor-faktor yang mempengaruhi Penawaran
· Harga barang itu sendiri
· Harga barang yang terkait
· Harga factor produksi
· Biaya produksi
· Teknologi produksi
· Jumlah pedagang
· Kebijakan pemerintah





4. Faktor apa saja yang dapat menggeser hokum permintaan dan penawaran ? jelaskan !


jawab :
1. Faktor yang menggeser Hukum Permintaan,yaitu perubahan harga barang itu sendiri dan perubahan factor ceteris paribus.
Faktor yang menggeser Hukum Penawaran adalah ceteris paribus seperti perubahan teknik produksi,harga barang yang terkait,biaya produksi dan harga input.


5. Buatlah ilustrasi penentuan harga keseimbangan dalam hukum permintaan dan penawaran ? (kasus buat sendiri ) !


jawab :








No comments:

Post a Comment